CONTOH KASUS 1 BISNIS TIDAK BERETIKA

FAUZI ABDUL WACHID
4EA03
 
CONTOH KASUS 1 BISNIS TIDAK BERETIKA
 
BPOM Surabaya Sita Kosmetik Berbahaya
Laporan: Faisol Taselan
Senin, 20 Mei 2013 | 23:29 WIB
 
Metrotvnews.com, Surabaya: Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya, mengungkap keberadaaan puluhan item kosmetik mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan efek gangguan kesehatan.

Bahan berbabahaya yang diidentifikasi terkandung dalam kosmetika tersebut, menunjukkan trend yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu penggunaan hidrokinon dan merkuri pada kosmetik.
   
“Kami tidak pernah bosan mengingatkan pada masyarakat tentang bahaya penggunaan kosmetika yang mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut,” kata Kepala Balai Besar POM Surabaya Endang Pudjiwati di Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/5).

Berdasarkan hasil pengawasan BOM di seluruh Indonesia sampai dengan Maret 2013, ditemukan sekurangnya 17 item kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

Untuk itu, BPOM mengeluarkan peringatan pada publik dengan tujuan agar masyarakat tidak menggunakan kosmetik tersebut, karena dapat membahayakan kesehatan.

Sebagai tindak lanjut terhadap seluruh temuan kosmetik mengandung bahan berbahaya tersebut, BPOM melakukan penarikan produk dari peredaran dan segera akan dimusnahkan.

Selama 5 tahun terakhir, sekurangnya 268 kasus diajukan ke pengadilan dengan hukuman paling tinggi penjara 2 tahun 1 bulan. Meskipun demikian, putusan pengadilan tersebut ternyata belum menimbulkan efek jera bagi pelaku tindak pidana bidang obat dan makanan ini.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan kosmetika mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut. Dan kami berharap masyarakat juga segera melaporkan temuan itu,” lanjut Endang Pudjiwati.

Puluhan kosmetik mengandung bahan-bahan berbahaya, Senin (20/5) digelar dihadapan puluhan jurnalis media cetak, dan online di Kota Surabaya, sebagai bukti masih adanya produk-produk berbahaya yang beredar di pasaran.

Editor: Agus Tri Wibowo
 

Tentang fauzii

bewokan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s