Harapan Bangsa

MEREKA YANG TIDAK PENAH SURUT.
Modal mereka barangkali cuman semangat tetapi dengan titik bekal itu. Kehadiran lembaga nirlaba ini begitu penting dalam memberantas penyakit korupsi di Negara ini. Banyak kasus korupsi terbongkar atas jerih payah mereka. Tak sedikit pejabat public bongkar balik masuk pengadilan dan merasakan dinginnya sel tahanan. Tekanan yang datang silih berganti seperti tak pernah di rasakan di pundak anak-anak muda inilah sebagian harapan di tumpuhkan.
Jumlah mereka tak jelas mungkin ratusan bahkan ribuan. Mereka datang dengan semangat peduli terhadap ancaman praktek korupsi di negri ini. Niat mereka baik untuk meberantas korupsi, tapi ada yang bilang itu semua hanya batu loncatan untuk pendirinya dan pengurusnya supaya bisa masuk partai politik. Indonesia corruption watch (icw) didirikan sesaat setelah kejatuhan rezim soeharto icw mengungkit banyak kasus korupsi. Menjadi modal gerakan anti rasuah di berbagai daerah. Menggalang dana public agar mandiri. Icw membongkar sejumlah skandal korupsi kakap sebagian sudah diputus pengadilan. Tapi tak jarang juga di hentikan.
1. Juni 1999
Dugaan korupsi jaksa agung andi ghalib jendral bintang 3 itu dituduh meneriman dari konglomerat yang berpekara di kejaksaan.
2. April 2005
Dugaan korupsi pengadaian pembangkit PLTG borong, Sumatra selatan.direktur utama PT. PLN eddie midiono sempat menjadi tersangka.
3. Desember 2005
Laporan dugaan korupsi informasi pelanggan PLN Jakarta raya dan tangerang di vonis 5 tahun eddie widiono
4. 11 febuari
Dugaan pengelumbungan biaya tiket diplomat di laporan ke jaksa agung
5. 26 maret 2010
Dugaan korupsi mesin jahit di departement social di laporan ke kpk. Mantan mentri social bacthiar chamsyah di vonis satu setengan tahun.
6. 1 juni 2010
Dugaan korupsi pada rekening gendut pada sejumlah perwira tinggi kepolisian masih di selidiki kpk.
Icw pun pernah di Tanya “bagaimana icw mengembangkan regenerasi sehigga tidak melahirkan aktivis nakal” dan inilah jawaban dari icw “sumberdaya manusia di seleksi dari awal dengan system uji coba, yang bagus kami rekrut melawan korupsi membutuhkan kecerdasaan dan orang-orang pintar. Jangan bicara kejahatan tapi semangat.
Selain icw ada juga organisasi anti korupsi yaitu somasi. Somasi adalah puluhan ulama. Mereka melawan korupsi di dasarkan atas kitab-kitab al quran karena “islam mengajarkan anti korupsi”. Para ulama itu menerbitkan buku fiqih korupsi amanah vs kekuasan dan buku itu mencabut akar korupsi. Para ulama tersebut juga sudah pernah memberantas kasus-kasus korusi di negri ini:
1. Tahun 2005
Melaporkan korupsi APBD nusa tenggara barat, yang belakangan menyerat bekas gubernur lalu serinata dan 18 anggotan dewan perwakilan daerah provinsi. Tahun itu juga somasi melaporkan kasus korupsi APBD Lombok tengah tahun anggaran 2001 senilai Rp. 1,6 miliar
2. Tahun 2008
Melaporkan kasus korupsi bank NTB periode 2007-2009, meliputi korupsi penyaluran kredit Rp. 28,4 miliar, honor kepala daerah Rp. 9,51 miliar dan honor pengurus bank NTB periode 2003-2007 Rp. 1,6 miliar.
Selain icw dan somasi garut governance watch yang berasl dari garut, jawa barat. Lahir dengan banyak kekurangan, setoran kota amgkutan kota milik salah seorang pendiri menjadi tumpuan alih-alih berhenti. Mereka makin rajin mengivestasi gaji banyak kasus korupsi membina partisipasi public mengawasi transparansi di 28 desa. Tujuan mereka yaitu “untuk kami ajak masyarakat untuk transparan dari satuan pemerintahan terkecil. Kami berharap nilai itu nantinya mengepung pemerintah garut yang sudah karut-karutan” kata agus.
Mengendus rasuah di serambi mekah, itulah anti korupsi yang berasal dari aceh. Gerakan yang di galang T. MUHAMMAD ZULFIKAR. Tak Cuma mengawal isu lingkungan wahana lingkungan hidup Indonesia (walhi) aceh juga membongkat berbagai praktek korupsi yang bersinggungan dengan proyek eksploitasi sumber daya alam ikut membidani lahirnya pergerakan anti korupsi. Berikut ini tonggal walhi di tanah rencong:
1. Periode 1993-1998
(era daerah operasi korupsi) menyurakan isu-isu korupsi.
2. Periode 1998-2003
a. Aktif melakukan kampanye lingkungan proyek ladia galaska
b. Mendampingi korban pelangaran hak asasi
c. Menyoroti isu korupsi ladia galaska
3. Periode 2003-2006
a. Membangun aliansi anti korupsi aceh damai tampa korupsi
b. Menyoroti isu korupsi ladia galaska, kasus helicopter gubernur Abdullah putch, dan kasus lelang kayu sitaan
4. Periode 2006-sekarang
a. Mengawasi korupsi ladia galaska
b. Menyeruakan kasus penerbit izin rawa tripa

Orang kampung memberantas korupsi, itulah kalimat yang di ucapkan oleh anggota-anggota KP2KKN (komite penyelidikan dan pemberantas korupsi, kolusi dan nepotisme) yang beasal dari semarang jawa tengah sebagai daerah operasi pemberantas korupsi lebih dari sepuluh tahun perjalanannya, lembaga ini berhasil mengatur banyak kepala daerah dan kota provinsi itu masuk bui. Namun mereka tak lepas dari kritik karena menerima dana dari pemerintah daerah. Jejak kp2kkn memberansa korupsi :
1. Tahun 1998
Melaporkan kasus korupsi dugaan korupsi pemberian 100 mobil dina gubernur suwardi kepala anggota DPRD jawa tengah. Hasilnya mobil dinas yang telah di terima oleh anggota dewan harus di cicil ke kas Negara
2. Tahun 2004
Melaporkan kasus dugaan bagi-bagi uang daridana anggaran pendapatan dan belanja daerah 2004 senilai Rp. 796 juta yang di lalukan batang bambang bintaro kepada anggota DPRD yang berakhir tugasnya senilai Rp. 1,9 miliar
3. Tahun 2006
Melaporkan mantan wali kota magelang fahriyanto dalam 5 kasus dugaan korupsi.
4. Tahun 2008
Melaporkan bupati rembang m. salih kasus penyimpangan penyertaan modal PT. REMBANG BANHKIT SEJAHTERA JAYA dari APBD 2006 dan 2007 senilai Rp. 5,2 miliar.
5. Tahun 2011
Melaporkan bupati tegal agus riyanto dalam kasus pembangunan lingkar kota selawi Rp. 3,9 miliar.
Kesederhanaan adalah kekuatan itulah kalimat yang di ucapkan oleh oleh pokja 30. Bermula dari forum komunikasi senat mahasiswa. Kelompok kerja 30 menjadi lembaga anti korupsi yang di segani di samiranta, kaltim. Pokja 30 didirikan oleh 30 aktivis dari forum komunikasi senat mahasiswa samarinda contoh kasus:
1. Tahun 2008
Proyek pengadaan tanah seluas 6 hektar di sungai jepun menelan anggaran Rp. 7 miliar
2. Tahun 2009
Mengawal kasus dugaan korupsi dana bantuan social kutai kertanegara yang merugikan Negara hingga Rp. 29,7 miliar.

TANGGAPAN :
di negara indonesia ini sudah banyak organisasi yang memiliki slogan anti korupsi tapi korupsi di indonesia masih marak terjadi, bahkan berbagai kalangan dari pemerintah, badan swasta dan negara banyak melakukan korupsi . saya mengapresiasikan kegiatan organisasi yang berusaha melawan korupsi dan membersihkan indonesia dari korupsi. sebagai generasi bangsa yang baru maka wajib bagi kita melanjutkan organisasi yang berjuang melawan korupsi dan membentuk indonesia yang lebih baik dengan tanpa kegiatan korupsi .
organisasi-organisasi yang berusaha melawan korupsi harus lebih dikembangkan dan dilindungi.tetapi, organisasi-organisasi tersebut jangan sampai memanfaatkan hal ini untuk masuk kedunia politik.memberantas korupsi itu lebih baik bila dilakukan dari diri sendiri dan menerapkan dalm lingkungan kita sehingga kegiatan korupsi akan semakin kecil dapat terjadi, dan pemerintah juga harus mendukung dan melindungi organisasi-organisasi anti korupsi tersebut jangan hanya mendukung orgaganisasi anti korupsi yang resmi saja. di tangan merekalah sebagian harapan di tumpuhkan agar negara kita ini terbebas dari korupsi.

Tentang fauzii

bewokan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s