pengantar pendidikan kewarganegaraan

Bab 1 . Pengantar pendidikan kewarganegaraan

Landasan perjuangan tersebut merupakan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia.selain itunilai-nilai perjuangan bangsa masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta terbukti keandalannya. Tetapi nilai-nilai perjuangan itu kini telah mengalami pasang surut sesuai dengan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lembaga-lembaga kemasyarakatan internasional, Negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan politik,ekonomi ,social budaya serta keamanan  dan pertahanan global.

 

 Bangsa adalah orang orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah. Sedangkan  negara adalah wilayah yang di tempati oleh beberapa kelompok. teori terbentuknya negara: teori hukum alam ( plato & aristoteles ), teori ketuhanan, dan teori perjanjian ( thomas hobbes ).
Unsur negara : konstitutif dan deklaratif.
– Bentuk negara : negara kesatuan dan negara serikat.
– Negara dan warga negara dalam sistem kenegaraan di indonesia.
NKRI negara berdaulat yang mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dan menjadi anggota PBB.

1. Proses bangsa yang menegara.
sejak 17 agustus 1945 indonesia sudah memulai proses menegara. proses secara singkatnya adalah sebagai berikut :  – perjuangan pergerakan kemerdekaan indonesia.
              – proklamasi / pintu gerbang kemerdekaan.
              – keadaan negara yang nilai dasarnya, merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
– demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasaan dari, oleh, dan untuk rakyat.
– bentuk demokrasi : pemerintahan monarki dan pemerintahan republik,

             Beberapa prinsip dasar pemerintahan indonesia di dalam uud adalah indonesia merupakan negara yang berdasar atas hukum, sistem konstitusi. kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan MPR, presiden adalah penyelenggara pemerintahan ( tidak bertanggung jawab kepada DPR ), menteri negara ialah pembantu presiden ( tidak bertanggung jawab kepada DPR ). kekuasaan kepala negara tidak terbatas.
Dalam menjalankan tugasnya, Presiden di bantu oleh badan pelaksana pemerintahan yang berdasarkan tugasnya dan fungsi di bagi menjadi :

a. departement beserta aparat di bawahnya.

b. lembaga pemerintahan bukan Departement.

c. badan usaha milik negara.

 

Pemahaman tentang hak asasi manusia

Didalam mukadimah deklarasi universal tentang hak asasi manusia yang telah disetujui oleh resolusi najelis umum PBB bomor 217 A (III) tanggal 10 desember  1948 terdapat pertimbangan – pertimbangan berikut :

1.menimbang bahwa pengakuan atas martabat yang melekat dan hak-hak yang sama dan tidak terasingkan dari semua anggota keluarga kemanusiaan.

2.menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah pada hak-hak asasi manusia telah mengakibatkan perbuatan-perbuatan bengis.

3. menimbang bahwa hak-hak manusia perlu dilindungi oleh peraturan hukum supaya  tercipta perdamaian.

4. menimbang bahwa persahabatan antara Negara-negara perlu dianjurkan.

5.menimbang bahwa Negara-negara anggota PBB telah menyatakan penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia.

6.menimbang  bahwa Negara-anggota telah berjanji akan mencapai perbaikan penghargaan umum terhadap HAM.

7.pengertian umum terhadap hak-hak dan kebebasan ini adalah penting sekali untuk pelaksanaan janji ini secara benar.

Opini

pengantar pendidikan kewarganegaraan ini bisa dibilang lengkap dengan adanya latarbelakang.kompetensi yang diharapkan, pengertian dan pemahaman tentang bangsa dan Negara , kerangka dasar kehidupan nasional meliputi keterkaitan antar falsafah pancasila, UUD 1945.serta wawasan nusantara dan ketahanan nasional, pemahaman tentang hak asasi manusia,landasan hubungan UUD 1945 dan Negara kesatuan republik Indonesia serta penjelasan-penjalasan di pokok masalah yang lain yang ada di bab1.dengan banyaknya pembahasan yang dijabarkan kita akan mengerti lebih dalam pentingnya pendidikan kewarganegaraan.

                Dari pendidikan kewarganegaraan ini kita akan tahu perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan bangsa dengan dilandasi keimanan an ketakwaan sehingga menimbulkan semangat perjuangan bangsa yang menjadi latar belakang pendidikan kewarganegaraan dan kita juga dapat memahami tentang bangsa dan Negara dengan adanya unsur, bentuk, teori dapat terbentuknya Negara dan juga kita dapat mengerti  bagaimana penjelasan dan warga Negara dalam sistem kenegaraan di Indonesia.dapat mengerti apa saja hak dan kewajiban warga Negara, prinsip dasar pemerintahan republik Indonesia. Begitu juga penjelasan  tentang pendidikan kewarganegaraan yang lain.

Saran

dalam penjelasan hak yang memiliki pasal-pasal mungkin bias lebih dijelaskan  seperti hak memperoleh suaka politik dari Negara lain(pasal 28G ayat 2) . begitu jugadidalam pemahaman tentang demokrasi yang tentang pemerintahan monarki tidak dijelaskan secara rinci bagaimana sistem pemerintahan dan struktur sehingga dapat mengerti secara jelas tentang pemerintahan monarki.menurut saya itu saja.penjelasan dalm bab 1 ini sudah sangat bagus dan hampir lengkap dan juga lebih bisa memahami tentang pendidikan kewarganegaraan serta bagaimana terbentuknya Negara,hak dan kewajiban warga Negara

 

Tentang fauzii

bewokan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s