hasil kunjungan koprasi sejahtera bersama

PENDAHULUAN

Undang – Undang Dasar 1945 khususnya pasal 33 ayat (1) menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Selanjutnya penjelasan pasal 33 antara lain menyatakan bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang-seorang, dan bentuk usaha yang sesuai dengan itu ialah Koperasi.
Penjelasan pasal 33 menempatkan koperasi baik dalam kedudukan sebagai sokoguru perekonomian nasional maupun sebagai bagian integral tata perekonomian nasional. Tetapi dalam perkembangan perekonomian yang berjalan demikian cepat, pertumbuhan koperasi selama ini belum sepenuhnya menampakan wujud dan perannya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar 1945 tersebut.
Bumi Indonesia yang kaya dan subur tidak mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat banyak. Masyarakat hanya dijadikan objek dalam dunia perekonomian dan sudah saatnya kita merebut dengan kekuatan kita sendiri melalui suatu wadah yaitu Koperasi SEJAHTERA BERSAMA.
KOPERASI SEJAHTERA BERSAMA sebagai badan usaha yang bergerak disegala bidang usaha seperti jasa keuangan, perdagangan, agro bisnis, agro industry, export import dan lain-lain mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk bersatu menjadi penentu dan pemilik di negeri yang kita cintai ini.
Dengan bilangan besar kita bangun ekonomi, dengan bilangan besar kita bangun pendidikan, dengan bilangan besar kita bangun kesehatan. Rasanya hampir tidak mungkin orang lain yang datang dari bangsa lain dari negeri lain pula yang akan peduli dengan bangsa kita. Sekarang saatnya telah tiba untuk kita bangkit bersama, bahu-membahu, tolong-menolong, lindung-melindungi antara sesama anggota masyarakat,menghimpun kekuatan, maju bersama, makmur bersama dan sejahtera bersama, dari masyarakat untuk masyarakat.

Sekilas Koperasi Sejahtera Bersama
SEJAHTERA BERSAMA (KSB) adalah koperasi yang bergerak dalam berbagai bidang usaha antara lain Usaha Simpan Pinjam dan Usaha Perdagangan yang didirikan pada bulan Januari Tahun 2004.
Koperasi SEJAHTERA BERSAMA ingin berperan secara aktif dalam upaya membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
Setiap Unit Usaha Koperasi SEJAHTERA BERSAMA dikelola oleh para expertise yang telah memiliki pengalaman di bidangnya, sehingga Unit Usaha Koperasi SEJAHTERA BERSAMA bukan hanya mampu tumbuh dan berkembang serta menghasilkan keuntungan, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat.

Pembina
Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk kantor pusat dan dinas koperasi setempat untuk kantor cabang.

Pengawas
Ir. Tedi Setiadi, ST
Ina Aprilia

Pengurus
Ketua : Iwan Setiawan
Wakil Ketua : Dang Zeany K.
Sekretaris : Ir. Dasep Surahman
Bendahara : Vini Noviani, SH, SS
Unit Usaha dan Anak Perusahaan
1. SB Finance (Unit Usaha Simpan Pinjam)
2. SB Mart (Unit Usaha Perdagangan Kebutuhan Pokok)
3. SB Furniture (Unit Usaha Perdagangan Furniture)
4. PT. Faryan Nusantara Sejahtera
5. PT. Cipta Ekatama Nusantara Sejahtera
Mitra Usaha
1. PT. INDOMARCO PRISMATAMA
2. PT. GARANT MOBEL INDONESIA (Olympic Group)
3. PT. FURNIMART MEBELINDO SAKTI
4. PT. ASURANSI JIWA BRINGIN JIWA SEJAHTERA (Bringin Life Syariah)
Legal Officer
Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Radiana, SH & Rahmat Riyadi, SH, Komplek Kopo Permai III Blok 31A No. 1 – Bandung.

Akuntan Publik
Kantor Akuntan Publik Dra. Eri Murni, Ak, CPA , Registered Public Accountants and Consultants, Jl. Sawah Lunto No. 48C Manggarai – Jakarta Selatan 12970.

Produk simpanan:
1. Simpanan Berjangka Sejahtera Prima

detail produk
Program simpanan berjangka SEJAHTERA PRIMA adalah simpanan pada Koperasi Sejahtera Bersama yang penyetorannya dilakukan hanya sekali. Simpanan diperlakukan sebagai investasi yakni dana tersebut dimanfaatkan secara produktif dalam bentuk pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan masa simpanannya.
Manfaat
• Bagi Hasil / Jasa Simpanan yang kompetitif diberikan secara tunai pada saat jatuh tempo masa simpanan atau setiap bulan.
• Membantu perencanaan program investasi masyarakat.
• Membantu pengembangan ekonomi nasional khususnya usaha kecil dan menengah.
Fasilitas
• Perpanjangan masa simpanan dapat dilakukan secara otomatis.
• Dana bagi hasil dapat dibayarkan secara tunai atau ditransfer ke rekening yang dikehendaki.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya meterai dan sertifikat.
• Besar simpanan minimal Rp 2.500.00

Investa Prima

Detail Produk
Program simpanan berjangka SEJAHTERA PRIMA adalah simpanan pada Koperasi Sejahtera Bersama yang penyetorannya dilakukan hanya sekali. Simpanan diperlakukan sebagai investasi yakni dana tersebut dimanfaatkan secara produktif dalam bentuk pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil untuk masa simpanan 5 tahun, 7 tahun, dan 10 tahun.
Manfaat
• Membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana untuk masa datang dengan keuntungan dan manfaat optimal.
• Jika pemegang simpanan berumur panjang sampai dengan akhir masa simpanan, dibayarkan dana simpanan berjangka INVESTA PRIMA yang terbentuk sampai dengan akhir masa simpanan yang nilainya terus meningkat setiap tahun.
• Jaminan Asuransi Jiwa*
Sejak menabung sampai dengan masa simpanan berakhir, pemegang simpanan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa sebagai berikut:
 Jaminan asuransi meninggal akibat kecelakaan sebesar 500% (lima ratus persen) dari Simpanan Awal maksimal sebesar Rp 400.000.000,00.
 Jaminan asuransi meningal akibat sakit (bukan akibat kecelakaan) sebesar 250% (dua ratus lima puluh persen) dari Simpanan Awalmaksimal sebesar Rp 200.000.000.00.
 Apabila pemegang simpanan meninggal dunia pada masa simpanan, dibayarkan manfaat INVESTA PRIMA sebesar Simpanan Terbentuk ditambah Jaminan Asuransi.
Fasilitas
• Pemegang simpanan dapat menyetorkan tabungannya setiap tahun, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, atau setiap bulan selama masa simpanan yang direncanakan dalam jumlah yang tetap sesuai dengan target simpanannya.
• Tidak perlu repot menyetor tabungan ke kantor Koperasi SEJAHTERA BERSAMA, petugas akan mendatangi Pemegang simpanan.
• Masa simpanan 5 tahun, 7 tahun, dan 10 tahun.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Sehat jasmani dan rohani.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya meterai dan sertifikat sebesar Rp 25.000,00.
• Besar simpanan awal minimal Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah).
• Mengisi form Surat Pernyataan Kesehatan (SPK).
• Usia Calon Pemegang Simpanan maksimal 55 tahun.
• Usia Calon Pemegang Simpanan ditambah masa simpanan maksimal 65 tahun.
• Maksimal perlindungan asuransi meninggal biasa (bukan karena kecelakaan) untuk satu nama pemegang simpanan adalah sebesar Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah), meskipun pemegang simpanan tersebut memiliki lebih dari satu rekening.
• Maksimal perlindungan asuransi meninggal karena kecelakaan untuk satu nama pemegang simpanan adalah sebesar Rp 400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah), khusus untuk pemegang simpanan yang mengikuti program simpanan berjangka “INVESTA PRIMA”.
• Nama Pemegang Simpanan tidak dapat dialihkan kepada siapaun tanpa terkecuali. Jika ingin dialihkan, maka harus dicairkan terlebih dahulu pada saat jatuh tempo kemudian menggunakan aplikasi baru dengan nama pemegang simpanan yang baru.
• Manfaat meninggal hanya berlaku jika telah menjadi pemegang simpanan minimal 3 bulan (kecuali meninggal karena kecelakaan) dan apabila Pemegang Simpanan meninggal biasa (bukan karena kecelakaan) sebelum masa 3 bulan, maka hanya dibayarkan seluruh uang yang telah disetor ke Koperasi.
3. Beasiswa Sejahtera

Detail Produk
Program Tabungan BEASISWA SEJAHTERA adalah tabungan pada Koperasi SEJAHTERA BERSAMA yang dirancang khusus untuk memberikan proteksi biaya pendidikan anak.

Manfaat
• Memberikan proteksi biaya pendidikan anakl sehingga tersedia dana kelangsungan belajar secara pasti.
• Dana kelangsungan belajar dibayarkan secara bertahap dan teratur sebagai berikut:

Usia Anak
(Tahun) Dana Kelangsungan Belajar diberikan pada saat usia anak:
6 Tahun
(Biaya SD) 12 Tahun
(Biaya SLTP) 15 Tahun
(Biaya SLTA) 18 Tahun
(Biaya PT)
0-4 10% TS 20% TS 30% TS 140% TS
5-10 – 20% TS 30% TS 140% TS
11-13 – – 30% TS 140% TS
14-16 – – – 140% TS
TS = Target Simpanan, PT = Perguruan Tinggi
• Jaminan Asuransi Jiwa*
Sejak menabung sampai dengan masa simpanan berakhir, mendapat perlindungan asuransi jiwa dengan jumlah uang asuransi sebesar target simpanan maksimal Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)
• Apabila Pemegang simpanan meninggal dunia pada masa simpanan, dibayarkan manfaat tabungan BEASISWA SEJAHTERA sebesar Jaminan Asuransi tanpa dikurangi dengan dana kelangsungan belajar yang pernah diterima dan dana kelangsungan tetap dibayarkan sesuai dengan jadwal tersebut di atas, tanpa harus membayar cicilan tabungan.

Fasilitas

• Pemegang simpanan dapat menyetorkan tabungannya setiap tahun, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, atau setiap bulan selama masa simpanan yang direncanakan dalam jumlah yang tetap sesuai dengan target simpanannya.
• Tidak perlu repot menyetor tabungan ke kantor Koperasi SEJAHTERA BERSAMA, petugas akan mendatangi Pemegang simpanan.
• Masa simpanan dapat dipilih muali dari 2 tahun sampai dengan 18 tahun.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Sehat Jasmani dan Rohani.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya buku tabungan.
• Besar target simpanan minimal Rp 5000.000,00
• Besar cicilan tabungan minimal Rp 100.000,00 baik untuk bulanan, triwulanan, semesteran, maupun tahunan.
• Umur calon pemegang simpanan ditambah masa simpanan maksimal 65 tahun.
• Manfaat meninggal hanya berlaku jika telah menjadi Pemegang simpanan Minimal 3 bulan (kecuali meninggal karena kecelakaan) dan apabila pemegang simpanan meninggal sebelum masa 3 bulan, maka hanya dibayarkan seluruh uang yang telah disetor ke Koperasi.

4. Multiguna Sejahtera

Detail Produk
Program Tabungan MULTIGUNA SEJAHTERA adalah tabungan pada Koperasi SEJAHTERA BERSAMA yang dirancang khusus membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana di masa depan untuk berbagai kebutuhan seperti persiapan masa pensiun, perjalanan ibadah dan lainnya.
Manfaat
• Membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana di masa depan untuk berbagai kebutuhan.
• Target simpanan meningkat setiap tahun sebesar 10% dari tahun sebelumnya sedangkan pembayaran cicilan tabungan tetap.
• Jaminan Asuransi Jiwa*
Sejak menabung sampai dengan masa simpanan berakhir, mendapat perlindungan asuransi jiwa dengan jumlah uang asuransi sebesar target simpanan yang telah meningkat setiap tahun sebesar 10% dari tahun sebelumnya dikurangi jumlah tabungan terbentuk maksimal Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)
• Apabila Pemegang simpanan meninggal dunia pada masa simpanan, dibayarkan manfaat tabungan MULTIGUNA SEJAHTERA sebesar tabungan terbentuk ditambah Jaminan Asuransi.
Fasilitas
• Pemegang simpanan dapat menyetorkan tabungannya setiap tahun, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, atau setiap bulan selama masa simpanan yang direncanakan dalam jumlah yang tetap sesuai dengan target simpanannya.
• Tidak perlu repot menyetor tabungan ke kantor Koperasi SEJAHTERA BERSAMA, petugas akan mendatangi Pemegang simpanan.
• Masa simpanan dapat dipilih muali dari 2 tahun sampai dengan 20 tahun.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Sehat Jasmani dan Rohani.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya buku tabungan.
• Besar target simpanan minimal Rp 5000.000,00
• Besar cicilan tabungan minimal Rp 100.000,00 baik untuk bulanan, triwulanan, semesteran, maupun tahunan.
• Umur calon pemegang simpanan ditambah masa simpanan maksimal 65 tahun.
• Manfaat meninggal hanya berlaku jika telah menjadi Pemegang simpanan Minimal 3 bulan (kecuali meninggal karena kecelakaan) dan apabila pemegang simpanan meninggal sebelum masa 3 bulan, maka hanya dibayarkan seluruh uang yang telah disetor ke Koperasi.
5. ONH Sejahtera

Detail Produk
Program Tabungan ONH SEJAHTERA adalah tabungan pada Koperasi SEJAHTERA BERSAMA yang dirancang khusus membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji atau umroh.

Manfaat
• Membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji atau umroh.
• Target simpanan meningkat setiap tahun sebesar 10% dari tahun sebelumnya sedangkan pembayaran cicilan tabungan tetap.
• Jaminan Asuransi Jiwa*
Sejak menabung sampai dengan masa simpanan berakhir, mendapat perlindungan asuransi jiwa dengan jumlah uang asuransi sebesar target simpanan yang telah meningkat setiap tahun sebesar 10% dari tahun sebelumnya dikurangi jumlah tabungan terbentuk maksimal Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)
• Apabila Pemegang simpanan meninggal dunia pada masa simpanan dibayarkan manfaat tabungan ONH SEJAHTERA sebesar tabungan terbentuk ditambah Jaminan Asuransi, untuk menggantikan Almarhum menunaikan ibadah haji atau umroh (BADAL HAJI).

Fasilitas
• Pemegang simpanan dapat menyetorkan tabungannya setiap tahun, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, atau setiap bulan selama masa simpanan yang direncanakan dalam jumlah yang tetap sesuai dengan target simpanannya.
• Tidak perlu repot menyetor tabungan ke kantor Koperasi SEJAHTERA BERSAMA, petugas akan mendatangi Pemegang simpanan.
• Masa simpanan dapat dipilih muali dari 2 tahun sampai dengan 20 tahun.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Sehat Jasmani dan Rohani.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya buku tabungan.
• Besar target simpanan minimal Rp 10.000.000,00
• Besar cicilan tabungan minimal Rp 100.000,00 baik untuk bulanan, triwulanan, semesteran, maupun tahunan.
• Umur calon pemegang simpanan ditambah masa simpanan maksimal 65 tahun.
• Manfaat meninggal hanya berlaku jika telah menjadi Pemegang simpanan Minimal 3 bulan (kecuali meninggal karena kecelakaan) dan apabila pemegang simpanan meninggal sebelum masa 3 bulan, maka hanya dibayarkan seluruh uang yang telah disetor ke Koperasi.
( * Jaminan asuransi jiwa oleh PT BRINGIN LIFE (SYARIAH) melalui polis asuransi jiwa kumpulan Nomor Polis: 01.2004.10.0006)

Tahapan Sejahtera

Detail Produk
Program Tabungan Tahapan Sejahtera adalah simpanan pada Koperasi SEJAHTERA BERSAMA yang dirancang khusus untuk membantu perencanaan keungan dalam rangka menyiapkan dana untuk berbagai kebutuhan jangka pendek.
Manfaat
• Membantu perencanaan keuangan dalam rangka menyiapkan dana untuk berbagai kebutuhan jangka pendek.
• Selama pemegang simpanan masih hidup dalam masa simpanan, dibayarkan tabungan tahapan sejahtera bersama secara bertahap setiap 3 tahun sekali sebagai berikut:
Masa
Simpanan Pembayaran manfaat Tabungan SEJAHTERA BERSAMA
Akhir tahun ke 3 Akhir tahun ke 6 Akhir tahun ke 9 Akhir tahun ke 12 Akhir tahun ke 15 Akhir tahun ke 18 Akhir tahun ke 21 Total
6 10% TS 100% TS – – – – – 110% TS
9 10% TS 20% TS 100% TS – – – – 130% TS
12 10% TS 20% TS 30% TS 100% TS – – – 160% TS
15 10% TS 10% TS 20% TS 30% TS 100% TS – – 170% TS
16 10% TS 10% TS 20% TS 20% TS 30% TS 100% TS 190% TS
21 10% TS 10% TS 10% TS 20% TS 20% TS 30% TS 100% TS 200% TS
• Jaminan asuransi jiwa*
Sejak menabung sampai dengan masa simpanan berakhir, mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dengan jumlah uang asuransi sebesar target simpnan dikurangi jumlah tabungan terbentuk maksimal Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
• Apabila pemegang simpanan meninggal dunia pada masa simpanan, dibayarkan manfaat Tabungan Tahapan Sejahtera sebesar tabungan terbentuk ditambah Jaminan Asuransi tanpa dikurangi dengan dana tahapan yang pernah diterima.
Fasilitas
• Pemegang simpanan dapat menyetorkan tabungannya setiap tahun, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, atau setiap bulan selama masa simpanan yang direncanakan dalam jumlah yang tetap sesuai dengan target simpanannya.
• Tidak perlu repot menyetor tabungan ke kantor Koperasi SEJAHTERA BERSAMA, petugas akan mendatangi Pemegang simpanan.
• Masa simpanan dapat dipilih muali dari 6, 9, 12, 15, 18, dan 21 tahun.
Persyaratan
• Yang dapat dilayani oleh Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA adalah: Anggota, Calon Anggota, dan Anggota Luar Biasa dari KSU SEJAHTERA BERSAMA dan atau koperasi lainnya dan Anggotanya (sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku).
• Setiap pemegang simpanan dapat menempatkan dananya di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA dengan mengisi aplikasi pembukaan simpanan yang berfungsi sekaligus sebagai tanda mendaftarkan keanggotaan dan persetuajuannya mematuhi segala peraturan yang berlaku di Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA, dan juga berfungsi sebagai pemberi kuasa kepada Unit Usaha Simpan Pinjam KSU SEJAHTERA BERSAMA untuk melakukan tindakan tertentu.
• Pemegang simpanan menyatakan dan mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota atau Anggota Luar Biasa, dan karenanya bersedia memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan tunduk pada AD/ART KSU SEJAHTERA BERSAMA.
• Sehat Jasmani dan Rohani.
• Fotocopy KTP/SIM.
• Membayar biaya buku tabungan.
• Besar target simpanan minimal Rp 5.000.000,00
• Besar cicilan tabungan minimal Rp 100.000,00 baik untuk bulanan, triwulanan, semesteran, maupun tahunan.
• Umur calon pemegang simpanan ditambah masa simpanan maksimal 65 tahun.
• Manfaat meninggal hanya berlaku jika telah menjadi Pemegang simpanan Minimal 3 bulan (kecuali meninggal karena kecelakaan) dan apabila pemegang simpanan meninggal sebelum masa 3 bulan, maka hanya dibayarkan seluruh uang yang telah disetor ke Koperasi.

Pinjaman Komersial

PENGERTIAN
Pinjaman Komersial adalah pinjaman yang diberikan kepada pengusaha, pedagang, atau pegawai yang digunakan untuk modal kerja atau modal usaha dengan jaminan benda bergerak atau benda tidak bergerak.

FASILITAS
• Persyaratan mudah.
• Proses pencairan yang relatif cepat, maksimal 3 hari kerja
• Jasa pinjaman yang bersaing.

PERSYARATAN
• Calon Peminjam adalah anggota, calon anggota, dan anggota luar biasa dari Koperasi Sejahtera Bersama dan atau koperasi lainnya dan anggotanya.
• Setiap Peminjam yang mengisi aplikasi sekaligus mendaftarkan diri menjadi anggota dan atau calon anggota kepada Koperasi Sejahtera Bersama.
• Berusia maksimal 60 tahun s.d akhir masa pinjaman.
• Mengangsur pokok dan jasa pinjaman setiap bulan.
• Khusus jaminan tanah dan atau bangunan minimal pengajuan pinjaman sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).
• Jarak tempat tinggal peminjam/tempat usaha peminjam dengan Kantor Cabang/Pos Pelayanan maksimal 20 Km.
• Melengkapi dokumen :
No. Jenis Dokumen Karyawan Pedagang Pengusaha
1 Copy KTP (Peminjam/Suami/Istri /Penjamin) yang masih berlaku. √ √ √
2 Copy Kartu Keluarga √ √ √
3 Copy SBKRI & ganti nama untuk WNI Keturunan (untuk peminjam/suami/istri/ penjamin). √ √
4 Copy Akta Nikah dan Akta Cerai (bagi yang telah cerai). √ √ √

Tentang fauzii

bewokan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s